Foto Berita Prabowo Subianto Dan Joko Widodo (Analisis Framing Foto Berita Online Mengenai Isu Kampanye Hitam Prabowo Subianto Dan Joko Widodo Pada Headline Situs Berita Pemilu.Tempo.Co Selama Kampan
Daftar Isi:
- Foto berita merupakan refleksi dari peristiwa dan mampu memvisualisasi suatu peristiwa itu melalui gambar. Gambar yang ditampilkan oleh media massa memudahkan khalayak sebagai sentuhan awal dalam menerima informasi, terutama foto berita pada headline media massa. Pada masa Pilpres 2014, masyarakat Indonesia telah dibanjiri oleh berita-berita mengenai isu kampanye hitam. Isu kampanye hitam tersebut berdampak pada konflik horizontal. Dikarenakan setiap media massa punya cara masing-masing dalam pemberitaannya terhadap isu atau tokoh politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isu kampanye hitam Prabowo Subianto dan Joko Widodo dikonstruksi oleh Tempo.co melalui foto berita online pemilu.tempo.co selama kampanye Pilpres 7 Juni sampai 5 Juli 2014. Untuk itu, penelitian ini menggunakan analisis framing dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan analisis framing Robert N. Entman yang menekankan problem identification, causal interpretation, moral evaluation, dan treatment recommendation. Penelitian ini menemukan bahwa isu kampanye hitam Prabowo Subianto dan Joko Widodo oleh Tempo.co mempunyai cara yang berbeda dalam membingkai peristiwa. Frame Tempo.co melihat isu kampanye hitam Prabowo Subianto khususnya isu HAM sebagai masalah hukum yang seakan tidak kunjung usai. Tempo.co cenderung menyudutkan dan memvisualisasikan Prabowo Subianto yang menghindari dari tuduhan sebagai pelanggar HAM dimasa lampau. Sedangkan isu kampanye hitam Joko Widodo khususnya isu SARA sebagai masalah sosial yang menyebabkan konflik sosial. Tempo.co cenderung mengklarifikasi isu SARA tersebut, seperti memvisualisasikan Joko Widodo adalah seorang muslim dan beberapa berita dengan perpaduan judul (headline) dan foto berita lainnya yang menyudutkan oknum penyebar isu SARA tersebut