Komunikasi Antar Pribadi antara Barista Kedai Semampir dengan Pelanggan dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Daftar Isi:
- Dinamika perkembangan zaman telah mengubah tren masyarakat global yang mengkonsumsi makanan dan minuman di rumah menjadi mengkonsumsi makanan dan minuman diluar rumah (Kara, Kaynak & Kucukemiroglu, 1997, h. 89). Hal ini yang menjadi salah satu alasan banyak para pebisnis untuk mendirikan sebuah usaha kuliner termasuk usaha coffee shop. Menjamurnya coffee shop di Surabaya ini menjadikan konsumen memiliki banyak pilihan. Dalam menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, para pelaku bisnis juga bisa mendapatkan informasi-informasi dari pelanggan yang berkaitan dengan bagaimana cara terbaik untuk bisa melayani setiap pelanggan dengan prima. Maka, pelaku bisnis kuliner harus mampu mengkombinasikan antara memberikan produk yang berkualitas dan juga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Kedua hal tersebut nantinya akan mampu menimbulkan rasa loyalitas dari konsumen. Komunikasi merupakan kebutuhan kodrati manusia yang merupakan persyaratan mutlak bagi perkembangan manusia, baik sebagai individu maupun masyarakat. Melalui kegiatan komunikasi, manusia menyampaikan perasaan, pikiran, pendapat, sikap, dan informasi secara timbal balik. Melalui komunikasi antar pribadi antara pegawai dengan pelanggan, diharapkan mampu menjadi salah satu faktor dari keloyalitasan pelanggan. Pengambilan tema komunikasi antar pribadi karena adanya fenomena komunikasi yang unik di Kedai Semampir. Keunikan tersebut dilihat dari bentuk komunikasi antar pribadi antara barista dengan pelanggan. Komunikasi yang terjalin sangat dekat sehingga dapat terjadi keterbukaan dan rasa percaya pelanggan ke barista. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif karena peneliti ingin mendeskripsikan bentuk komunikasi antar pribadi yang digunakan oleh barista Kedai Semampir untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian deskriptif berkaitan dengan pengumpulan fakta dan data secara valid untuk memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti. Hasil penelitian yang dilakukan ini menunjukkan hasil bahwa komunikasi antar pribadi memiliki peran besar terbentuknya keloyalitasan pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat dari faktor keterbukaan dan rasa percaya pelanggan dengan pegawai serta intensitas kunjungan yang tinggi yang membuat interaksi pelanggan dengan pegawai terjalin dengan baik. Tingginya intensitas kunjungan pelanggan merupakan salah satu bentuk keloyalitasan pelanggan terhadap Kedai Semampir.