Daftar Isi:
  • Salah satu inovasi iklan di televisi adalah iklan dengan unsur drama yang dapat menggambarkan cerita kehidupan. Iklan dengan unsur drama dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana iklan suatu produk dapat digambarkan melalui unsur drama? dan bagaimana iklan dengan unsur drama dapat meningkatkan fungsi iklan? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan iklan dengan unsur drama dapat meningkatkan fungsi iklan karena tema iklan disesuaikan dengan target market produk yang diiklankan. Tokoh dan penokohan dipilih sesuai dengan kriteria produk yang diiklankan. Alur cerita disesuaikan dengan kelebihan produk. Isi pesan dikomunikasikan melalui alur cerita dan juga close up produk yang disisipkan dalam alur cerita tanpa merusak cerita. Gaya bahasa digunakan dengan nonverbal dan verbal. Nonverbal dilakukan dengan ekspresi yang mendukung cerita dan produk yang diiklankan. Bahasa verbal dilakukan dengan memberikan penekanan pada audio saat menjelaskan produk dan tulisan yang memaparkan fungsi iklan. Hasil penelitan juga menunjukkan bahwa unsur drama tersebut mendukung fungsi iklan dimana informasi produk yang diberikan lebih lengkap dan mudah dipahami melalui alur cerita. Fungsi membujuk dilakukan melalui alur cerita dan ekspresi dari tokoh yang memerankan. Fungsi mengingatkan karena iklan menjadi lebih menarik, berbeda dengan iklan lainnya, lebih terkesan, dan sering dilihat karena iklan bersambung. Fungsi memberi nilai tambah dapat diperoleh karena konsumen dapat menikmati alur cerita disamping iklan produk dan adanya nilai positif yang dibangun dari karakteristik tokoh yang memerankan. Iklan dengan unsur drama akan meningkatkan fungsi iklan terutama dalam hal memberi infomasi yang lebih lebih lengkap, dapat membujuk konsumen melalui cerita yang menarik, mengingatkan karena iklan ditayangkan dalam beberapa episode dan memberi nilai tambah melalui nilai positif yang dibangun oleh tokoh cerita dan konsumen dapat menikmati alur cerita.