Rasionalitas Dan Irasionalitas Perilaku Kuis Hunter Hunterhore Dalam Mengikuti Kuis Online Di Jejaring Sosial Facebook (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kuis Hunter Hunterhore Di Kota Malang)

Main Author: Usrie, QonitaShabriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 1900
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121705/1/RASIONALITAS_DAN_IRASIONALITAS_.pdf
http://repository.ub.ac.id/121705/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat saat ini dimanfaatkan beberapa perusahaan atau brand untuk mengenalkan hasil produksi kepada konsumen. Sebelum ada internet media yang digunakan untuk promosi adalah melalui iklan di TV, baliho atau pamflet. Perusahaan membuat inovasi baru dengan mengadakan kuis online untuk menarik minat konsumen membeli hasil produk perusahaan. Para peserta kuis online biasa disebut kuis hunter. Kuis hunter selalu memiliki cara untuk memenangkan kuis online baik cara yang wajar dan tidak wajar. Menjadi menarik apabila ada penelitian yang menganalisa mengenai perilaku kui hunter ketika melakukan berbagai cara demi mendapatkan hadiah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kuis hunter dalam memenangkan kuis online. Pada penelitian ini, teori yang digunakan sebagai landasan pemikiran adalah teori dari Horkheimer mengenai usaha manusia rasional yang terjadi pada kuis hunter yaitu mengenai perilaku kuis hunter ketika mencari dan mengikuti kuis online. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian adalah anggota kuis hunter Hunterhore yang masih berstatus mahasiswa dan sering mengikuti kuis online, selain itu juga sering memenangkan kuis online. Hasil dari penelitian ini adalah dalam mengikuti sebuah kuis, kuis hunter Hunterhore memiliki berbagai macam cara untuk memenangkan kuis. Berbagai macam cara dilakukan, mulai dari persyaratan yang boleh dilakukan sampai tidak boleh dilakukan demi memenangkan kuis dan mendapatkan hadiah yang diinginkan. Usaha rasional yang dilakukan para kuis hunter Hunterhore malah menjadikannya irasional. Semakin kuis hunter berusaha menjadi rasional justru menjadikan mereka irasional dan menciptakan mitos yang baru, karena semakin kuis hunter menghilangkan mitos tersebut akan menghasilkan mitos baru.