Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pengunjung dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediator (Studi pada Pengunjung Jawa Timur Park 1)
Main Author: | Ermitasari, Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121684/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung Jawa Timur Park 1 dengan melibatkan kepuasan konsumen sebagai variabel mediator. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang pengunjung Jawa Timur Park 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala yang disusun sendiri oleh peneliti yang terdiri dari 3 skala, yakni: skala kualitas pelayanan berdasarkan dimensi dari Parasuraman (1988), skala loyalitas pengunjung berdasarkan dimensi dari Schiffman dan Kanuk (2004), dan skala kepuasan konsumen berdasarkan dimensi dari Wilkie (1994). Metode analisis data menggunakan analisis jalur. Dari hasil analisis diketahui bahwa semua memiliki signifikansi 0,01 yang berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hasil analisis mediasi, kepuasan konsumen memediasi sebagian pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung. Hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan dapat berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung secara langsung ataupun ketika melalui mediasi dari kepuasan konsumen.