Analisis Framing Berita Pelecehan Seksual Anak TK di Jakarta International School pada Portal Berita Online Kompas.com Periode April-Mei 2014

Main Author: Tuakia, MarwahIhsani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121661/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis pembingkaian dalam pemberitaan kasus pelecehan seksual anak di Taman Kanak-kanak Jakarta International School (JIS) periode April-Mei 2014 yang dilakukan oleh portal berita online Kompas.com dalam pemberitaan kasus pelecehan seksual anak TK di JIS. Berita yang begitu banyak diberitakan oleh beberapa portal berita online salah satunya portal berita online Kompas.com. Portal berita online Kompas.com merupakan portal berita online yang banyak memberitakan kasus Pelecehan Seksual Anak TK di JIS. Dalam penelitian ini, peneliti akan menganalisis bagaimana pembingkaian berita yang dilakukan oleh portal berita online tersebut dengan menggunakan metode analisis framing yang diperkenalkan oleh Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki yang meliputi 4 struktur, yaitu: sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Dengan menggunakan analisis framing, maka dapat diketahui seperti apa pembingkaian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pers kepada khalayak dalam bentuk berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompas.com cenderung menggunakan judul berita yang menekankan pada pelaku kasus pelecehan seksual anak TK di JIS. Selain itu, Kompas.com juga menekankan bahwa pihak JIS cukup lalai dalam menjaga keamanan siswanya dan cenderung memposisikan JIS sebagai pihak yang bersalah atas terjadinya pelecehan seksual anak di dalam lingkungan sekolah dan mengganggap bahwa JIS hanya memperhatikan sisi pendidikan dan mengesampingkan sisi moral siswa-siswinya. Frame dalam portal berita online Kompas.com lebih tertuju pada tindakan yang harus dilakukan oleh pemerintah terutama pihak Polda Metro Jaya, Kemendikbud, dan Komnas PA dalam menangani kasus tersebut.