Brand Personality Pada Advergame Sally Sizzle (Studi Kasus Pemaknaan Gamers Pada Produk Makanan Sour Sally Berdasarkan Teori Coordinated Management Of Meaning)
Main Author: | Novitasari, Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121656/ |
Daftar Isi:
- Game tidak hanya menjadi suatu media hiburan tetapi juga mampu memunculkan interaktifitas yang kemudian dimanfaatkan oleh produsen untuk mengiklankan produk mereka atau yang dikenal dengan advergame. Advergame Sally Sizzle menjadi sebuah advergame yang unik karena di dalam game terdapat symbol berupa karakter bernama Sally yang juga dijadikan sebagai branding produk Sour Sally, melalui media tersebut perusahaan mengembangkan produk dengan mengasosiasikan antara merek dengan kepribadian manusia (brand personality) agar memiliki ciri yang berbeda dengan produk sejenis dari kompetitor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna brand personality yang diterima gamers pada produk Sour Sally melalui media advergame. Peneliti menggunakan teori Coordinated Management of Meaning , untuk mengetahui bagaimana suatu makna dapat terbentuk,. Di awal penelitian, peneliti membuat proposisi awal dan untuk membuktikan proposisi tersebut, peneliti melakukan studi kasus melalui wawancara semiterstruktur terhadap 6 top score advergame Sally Sizzle serta melakukan observasi pada media instagram Sour Sally. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selain penggunaan tema, alur serta insentif, penggunaan spokes person Sally sangat membantu pemaknaan brand personality produk Sour Sally sebagai produk yang menyenangkan, imut, lucu, ceria (sincerity), serta pantang menyerah (excitement) dan menarik (sophistication). Dalam memunculkan makna tersebut, visualisasi yang tampak (content) menjadi pertimbangan yang sangat besar, kemudian secara sadar seseorang akan memberikan pernyataan (speech act) terkait makna tersebut, selain itu pengalaman tentang produk (life script) dan budaya dari masing – masing orang (culture pattern) juga menjadi faktor yang mampu membantu dalam memunculkan makna. Makna brand personality Sour Sally yang terbentuk juga mampu untuk mengetahui citra dari produk Sour Sally.