Daftar Isi:
  • “Teenagers are among the most prolific users of social network sites (SNS)” (Ahn, 2011). Remaja merupakan pengguna media sosial terbesar. Ask.fm adalah sebuah media sosial yang dibidikkan untuk remaja. “Media sosial Ask.fm dikenalkan pertama kali oleh dua bersaudara Ilja Terebin dan Mark Terebin dari Litvia” (Miller, 2014). Chen (2011) menjelaskan bahwa motif penggunaan media sosial didasari dari berbagai motif. Motivasi penggunaan media sosial berasal dari media sosial itu sendiri. Menurut La Rose dan Matthew (2002) teori Uses and Gratification cukup relevan untuk meneliti new media. Kriyantono (2006, h. 208) menambahkan inti dari teori ini adalah pada dasarnya khalayak menggunakan media berdasarkan motif-motif tertentu. Motif pada penelitian ini diturunkan melalui operasionalisasi yang meliputi “Utility, passing time, seeking information, convience, dan entertaiment” (Karimi Leila, Ehsani, dan Ahmad, 2014). Tujuannya adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menggambarkan motif penggunaan media sosial Ask.fm di kalangan remaja FISIP UB. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif tipe deskriptif, dengan 30 responden yang ditarik dari rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif convenience menjadi motif yang paling mempengaruhi penggunaan media sosial Ask.fm di kalangan remaja FISIP UB. Indikator motif convenience yang memiliki nilai tertinggi sekaligus menjadi motif remaja menggunakan media sosial Ask.fm adalah mengekspresikan diri. Mengekspresikan diri banyak dilakukan oleh remaja dalam mengakses media sosial. Hasil motif ini diikuti dengan motif Interpersonal Utility, motif Pass Time, dan motif Information Seeking. Sedangkan motif entertaiment, memiliki point terendah dengan item yang tidak sejalan dari motif remaja FISIP UB mengakses media sosial Ask.fm yang mampu memberikan tips bagi penggunanya.