Hubungan Antara Promosi Online Dengan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Museum Angkut+ Movie Star Kota Wisata Batu

Main Author: Trastiana, FitriaDewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121628/1/SKRIPSI_FITRIA_DEWI_T._105120201111002.pdf
http://repository.ub.ac.id/121628/
Daftar Isi:
  • Salah satu kota yang memiliki potensi wisata yang menarik dan unik adalah Kota Batu. Potensi wisata yang menarik dan unik tersebut adalah museum otomotif bernama Museum Angkut Plus Movie Star Studio (Museum Angkut+). Museum ini telah banyak menarik perhatian masyarakat. Walau terbilang baru karena Soft opening dilakukan pada awal bulan Maret 2014. Namun objek wisata unik ini mengalami peningkatan pengunjung. Intensitas Manajemen Museum Angkut+ dalam melakukan promosi lebih cenderung melakukan promosi online. Dengan mengandalkan venue unik Museum Angkut+ dan di posting melalui media website dan media sosial Twitter yang mereka ciptakan diharapkan mampu menarik perhatian dan menciptakan minat berkunjung calon wisatawan. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara promosi online yang terdiri atas media website dan twitter dengan minat berkunjung wisatawan ke objek wisata Museum Angkut + Movie Star Kota Batu, Jawa Timur. Indikator dari variabel Minat Berkunjung terdiri atas kognitif yang diduga melalui rute sentral, sedangkan afektif dan konatif akan diduga melalui rute periferal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Museum Angkut+ dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 68 orang dengan menggunakan perhitungan sampel oleh Hair, Bush, dan Ortinau (2004). Dari hasil perhitungan mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara ketiga variabel X yang terdiri atas X1 Promosi Online, X2 Media Website, X3 Media Sosial Twitter dengan variabel Y yaitu Minat Berkunjung, dengan nilai korelasi X1 diperoleh sebesar 0,605 dengan taraf signifikansinya sebesar 0,000 dan dapat dikatakan kuat, nilai korelasi X2 diperoleh sebesar 0,396 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 dan dapat dikatankan lemah, dan nilai korelasi X3 diperoleh sebesar 0,530 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dan dapat dikatakan sedang. Pada penelitian ini, variabel yang paling dominan mempengaruhi Minat Berkunjung adalah variabel Promosi Online.