Daftar Isi:
  • Penelitian ini berbicara pada tema mengenai pelayanan publik, dimana pemerintah adalah otoritas yang paling dominan dan bertanggung jawab atas jalannya penyelenggaraan pelayanan publik kepada warga negara. Pemerintah menyadari pentingnya penekanan pada kualitas terhadap penyelenggaraan pelayanan publik kepada warga negara. Maka salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut adalah melalui penerapan standar pelayanan minimal untuk memberikan jaminan keterjangkauan publik atas pelayanan publik baik pusat maupun daerah. Penerapan standar pelayanan minimal adalah upaya untuk memastikan kualitas yang merata secara nasional pada jenis pelayanan dasar. standar pelayanan minimal hanya diperuntukkan sebagai pedoman pelaksanaan bagi jenis pelayanan dasar saja. Ini adalah konstruksi konsep peningkatan kualitas pada jenis pelayanan dasar secara nasional. Peneliti mencoba mengambil pengetahuan atas pelaksanaan pelayanan dasar yang mengacu pada penerapan standar pelayanan minimal di Kabupaten Kediri, Yang penulis pilih adalah penerapan standar pelayanan minimal pada Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Dengan pertambahan jumlah PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di Kabupaten Kediri, maka perlu untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik yang dijalankan dengan tujuan untuk menangani masalah kesejahteraan tersebut dengan mengacu pada penerapan standar pelayanan minimal. bagaimana penerapan standar tersebut dalam memberi efek manfaat terhadap penerima pelayanan publik yaitu PMKS maupun perbaikan kinerja aparatur pelayan publik yang nantinya mewakili pandangan kualitas atas pelayanan publik yang dijalankan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui pendekatan observasi dan wawancara mendalam kepada empat orang staff di Dinas Sosial Kabupaten Kediri serta satu orang Tenaga Sosial dari Kementerian Sosial dan lima orang PMKS penerima program bantuan dan pemberdayaan sosial. Program bantuan dan pemberdayaan sosial adalah indikator atau uraian kerja utama dalam standar pelayanan minimal di Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Hasil dari penerapan ini adalah penerima pelayanan menjadi dapat mandiri atau paling tidak proses menuju kepada peningkatan kesejahteraan yang dapat dilihat dari terpenuhinya pendidikan anak – anak yang berasal dari keluarga PMKS sampai kepada tingkat menengah pertama dan mempunyai usaha sendiri. Serta kepatuhan aparatur atas penerapan pelayanan publik.