Pengaruh Special Event Terhadap Sikap Khalayak (Studi Eksplanatif Pada Program Promo Opening Dapur Roti dan Dapur Kopi di Kabupaten Lamongan)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Special Event Terhadap Sikap Khalayak pada program promo opening Dapur Roti dan Dapur Kopi di Kabupaten Lamongan. Secara rinci hipotesis penelitian ini adalah peneliti mengemukakan hipotesis teoritis bahwa “special event promo opening berpengaruh terhadap sikap khalayak yang berkunjung di Dapur Roti dan Dapur Kopi”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan positivistik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey dan tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 2583 responden yang berkunjung pada special event promo opening. Dari data populasi tersebut kemudian diambil sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan presisi 10 persen sehingga diperoleh sampel sebanyak 97 orang. Teknik pengukuran data menggunakan skala likert dengan kriteria sistem skor; Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu analis regresi linear sederhana dengan syarat menggunakan 4 asumsi yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara special event promo opening dengan sikap khalayak dan sebanyak 66 responden berada dalam kategori terpaan sedang untuk program special event program promo opening dan sebanyak 57 responden berada pada kategori sedang untuk sikap khalayak yang berkunjung di Dapur Roti dan Dapur Kopi. Hasil tersebut mendukung konsep Marketing Public Relations bahwa special event yang diadakan oleh Dapur Roti dan Dapur Kopi yaitu special event promo opening mempunyai dampak terhadap sikap khalayak yang berkunjung di Dapur Roti dan Dapur Kopi untuk membeli produk saat promo opening berlangsung atau melakukan kunjungan berikutnya