Pengaruh Adiksi Game Online Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pelajar Sekolah Menengah Atas (Studi Eksplanatif di SMA Negeri 3 Malang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kecanduan (adiksi) game online responden di SMA Negeri 3 Malang terhadap keterampilan komunikasi interpersonalnya. Secara rinci hipotesis penelitian ini adalah bagaimana pengaruh adiksi game online terhadap keterampilan komunikasi interpersonal pelajar SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini dilakukan karena pelajar SMA yang berada pada masa perkembangan remaja rentan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Pengaruh lingkungan dalam hal penggunaan media seperti game online apabila sampai pada taraf kecanduan dapat mempengaruhi keterampilan komunikasi interpersonal remaja dalam pergaulannya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey dan tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 200 orang siswa SMA Negeri 3 Malang yang mengalami adiksi karena game online. Dari data populasi tersebut kemudian diambil sampel dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 133 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah adiksi game online sebagai variabel bebas dan keterampilan komunikasi interpersonal sebagai variabel terikat. Teknik pengukuran data pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan kriteria sistem skor; Sangat Setuju, Setuju, Ragu-ragu, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi dengan syarat menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Setelah ditemukan korelasi dari kedua variabel yang diteliti, kemudian dicari koefisien determinasi yang dapat menjelaskan presentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan keterampilan komunikasi interpersonal. Hubungan tersebut dalam kategori tinggi karena nilai korelasi yang dihasilkan sebesar 0,794 berada dalam rentang kategori korelasi yang tinggi dengan koefisien determinasi sebesar 63%. Hal tersebut mendukung teori Uses and effect bahwa penggunaan media akan menghasilkan conseffect pada penggunanya. Penggunaan game online memberi efek adiksi kemudian adiksi tersebut akan memberi konsekuensi penurunan keterampilan komunikasi interpersonal.