Aspek Psikologis Masyarakat Kota Surabaya Dalam Partisipasi Pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014

Main Author: Nur, AriefMuhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121587/1/Arief_Muhammad_Nur_115120601111005.pdf
http://repository.ub.ac.id/121587/
Daftar Isi:
  • Kota Surabaya memiliki partisipasi sebesar 67% pada pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2014, partisipasi ini lebih tinggi di bangdingkan dengan partisipasi pada pemilihan umum legislatif 2014. Aspek psikologis terjadi peningkatan kesadaran masyarakat untuk menentukan pilihan yang nantinya akan memimpin negaranya selama lima tahun. Untuk itu penulis menganalisis masalah ini melalui teori voter turnout dengan model psikologis untuk mengetahui aspek psikologis dari masyarakat Kota Surabaya dalam berpartisipasi pada pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2014. Metode yang penulis gunakan meliputi observasi kondisi di lapangan, wawancara dengan narasumber yang sesuai dengan fokus penulisan dan juga menggunkan metode dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Hasil penulisan masyarakat Kota Surabaya lebih tertarik pada faktor jangka pendek untuk secara aktif berpatisipasi pada pemilihan umum dengan menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon / kandidat presiden. ini dikarenakan masyarakat lebih tertarik melihat figur yang ada dibandingkan dengan identitas partai politik. Selain itu isu juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi masyarakat Kota Surabaya dalam berpartisipasi. Sehingga pada lingkup Kota Surabaya pengaruh identitas partai untuk dapat menggunakan hak pilihnya sudah tidak signifikan. Meskipun demikian diharapkan masyarakat tidak hanya melihat figur tetapi juga harus dilihat mengenai visi misi dan program yang diusung oleh kandidat / calon.