Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Kosmetik Remaja Putri SMAN 8 Malang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada remaja putri SMAN 8 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling- Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang remaja putri. Alat ukur yang digunakan ialah skala Konformitas Teman sebaya yang digunakan dalam penelitian oleh Astuti (2014) dan skala Perilaku Konsumtif Pembelian Kosmetik yang diadaptasikan dari skala yang digunakan dalam penelitian oleh Wardhani (2009). Alat ukur tersebut diuji dengan validitas muka, reliabilitas Alpha Cronbach dan daya diskriminasi aitem item-total correlation. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisa korelasi dengan Uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov, Uji Linieritas menggunakan analisis regresi sederhana dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pembelian kosmetik pada remaja putri di kota Malang.