Pemanfaatan Modal Sosial Dalam Komunitas Untuk Meningkatan Kepercayaan Terhadap Seller (Studi Kasus Pada Komunitas Kaskuser Regional Malang)
Main Author: | Firmansyah, MuhammadErwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121553/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui proses pembentukan kepercayaan buyer kepada seller yang dilakukan oleh komunitas KASKUSer Regional Malang sebagai dampak maraknya kasus penipuan yang terjadi dalam FJB KASKUS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori James S. Coleman mengenai modal sosial. Penggunaan teori modal sosial digunakan untuk mengkaji mengenai proses pembentukan kepercayaan, norma yang terbentuk dalam komunitas, serta pemanfaatan jaringan pertemanan dalam penyebaran kepercayaan maupun manfaat lain yang berguna bagi perkembangan seller yang tergabung dalam komunitas KASKUSer Regional Malang. Coleman menyebutkan bahwa modal sosial yang terbangun dalam sebuah jaringan, merupakan aset yang dapat digunakan oleh individu rasional untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Desain studi kasus yang digunakan adalah studi kasus intrinsik dengan kasus tunggal terjalin dan dijelaskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas KASKUSer Regional Malang memiliki peranan yang besar dalam membentuk kepercayaan buyer kepada seller sebagai penasihat kepercayaan, yakni dengan membuat program pembuatan ID Card anggota sebagai sebuah bentuk rekomendasi. Pihak komunitas juga membuat peraturan khusus bagi seller untuk mengisi biodata secara lengkap saat akan melakukan kegiatan menjual barang, sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya tindakan penipuan. Jaringan pertemanan yang terbentuk dalam komunitas juga memberikan banyak manfaat yang positif. Selain sebagai saluran informasi terkait penyebaran kredibilitas seller, jaringan juga berperan dalam memberikan informasi yang dapat membantu mengembangkan bisnis seller melalui forum diskusi.