Metode Pecs Phase 1 Teaching The Physically- Assisted Exchange Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Non-Verbal Pada Anak Autis Usia 6 Tahun

Main Author: Kartika, Yusaprima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121535/1/yusaprima_kartika_105120307111013.pdf
http://repository.ub.ac.id/121535/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah jenis penelitian experiment with single subject design yang membahas tetang autis dan pengaruh metode PECS tahap 1 : Teaching The Physically Assisted exchange untuk mengembangkan kemampuan komunikasi non-verbal anak autis. subyek adalah anak autis berusia 6 tahun yang mengalami hambatan dalam berkomunikasi atau biasa disebut mute dan menonjol dalam bidang visual. PECS terdiri dari 6 tahapan, namun dalam penelitian ini hanya digunakan PECS tahap 1 yang memfokuskan pada perkembangan komunikasi non-verbal. Pengambilan data dilakukan dalam 3 tahap observasi basline dengan desain ABA yaitu: baseline, intervensi, dan post-intervensi yang masing masing dilakukan selama 10 hari pada 2 setting, yaitu: setting makan dan free time. Sebagai data tambahan, melakukan wawancara pada orang tua dan terapis. Hasil penelitian menunjukkan PECS tahap 1 memberikan dampak positif terhadap perkembangan komunikasi non-verbal subyek, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan intensitas permintaan dari subyek selama masa intervensi dan postintervensi dibandingkan dengan masa baseline.