Metode Pecs Phase 1 Teaching The Physically- Assisted Exchange Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Non-Verbal Pada Anak Autis Usia 6 Tahun
Main Author: | Kartika, Yusaprima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121535/1/yusaprima_kartika_105120307111013.pdf http://repository.ub.ac.id/121535/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah jenis penelitian experiment with single subject design yang membahas tetang autis dan pengaruh metode PECS tahap 1 : Teaching The Physically Assisted exchange untuk mengembangkan kemampuan komunikasi non-verbal anak autis. subyek adalah anak autis berusia 6 tahun yang mengalami hambatan dalam berkomunikasi atau biasa disebut mute dan menonjol dalam bidang visual. PECS terdiri dari 6 tahapan, namun dalam penelitian ini hanya digunakan PECS tahap 1 yang memfokuskan pada perkembangan komunikasi non-verbal. Pengambilan data dilakukan dalam 3 tahap observasi basline dengan desain ABA yaitu: baseline, intervensi, dan post-intervensi yang masing masing dilakukan selama 10 hari pada 2 setting, yaitu: setting makan dan free time. Sebagai data tambahan, melakukan wawancara pada orang tua dan terapis. Hasil penelitian menunjukkan PECS tahap 1 memberikan dampak positif terhadap perkembangan komunikasi non-verbal subyek, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan intensitas permintaan dari subyek selama masa intervensi dan postintervensi dibandingkan dengan masa baseline.