Efektivitas Kontribusi Pajak Reklame Tahun 2011-2014 Terhadap Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya)
Main Author: | Vabiola, Dublimaya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121517/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas dan kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah Kota Surabaya.Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPPK) Kota Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori desentralisasi fiskal yang dikemukakan oleh rondinelli dan Cheema, selain itu juga didukung dengan konsep mengenai Pendapatan Asli Daerah, Tinjauan umum perpajakan, dan Pajak Reklame Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis efektivitas pajak reklame, analisis kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah, dan analisis kontribusi pajak reklame terhadap PAD serta didukung oleh analisis laju pertumbuhan pajak reklame. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pajak reklame di kota Surabaya masih kurang optimal. Hal ini bisa dilihat dari kontribusi pajak reklame terhadap PAD pada tahun 2011-2014 dengan rata-rata hanya mencapai 5.79% atau dalam kriteria sangat kurang.Hal ini juga berlaku pada kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah dimana rata-rata hanya sebesar 5.61% atau pada kriteria sangat kurang.Sedangkan, dari segi efektivitas, maka dapat diketahui bahwa pengelolaan pajak reklame berada pada kriteria cukup efektif dengan rata-rata efektivitas sebesar 92.64%.