Persepsi Unsur Pimpinan Terkait (Perusahaan, Masyarakat Pemerintah)TentangCorporate Social Responsibility PT. Holcim Indonesia di Desa Mliwang Tuban
Main Author: | Raharjo, GanangSetyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121448/1/SKRIPSI_%28Anggun_Evelia_Restianti_-_0911220053%29.pdf http://repository.ub.ac.id/121448/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi unsur pimpinan terkait (Perusahaan, Masyarakat, Pemerintah) tentang program Corporate Social Responsibility PT. Holcim Indonesia di desa Mliwang Tuban dan mengetahui manfaat Corporate Social Responsibility bagi unsur pimpinan terkait (Perusahaan, Masyarakat, Pemerintah) tentang program corporate social responsibility PT. Holcim Indonesia di desa Mliwang Tuban. PT. Holcim Indonesia memiliki visi menyediakan solusi berkelanjutan untuk membangun masa depan masyarakat yang bertujuan membentuk pembangunan berkelanjutan. Visi PT. Holcim merefleksikan bagaimana perusahan berusaha menunjukkan niat baiknya kepada masyarakat yakni menjadi solusi bagi pembangunan berkelanjutan. Peneliti tertarik mengenai strategi CSR karena seiring dengan perkembangan dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan dituntut untuk mampu memelihara hubungan dengan masyarakat lokal yang menentukan keberlanjutan eksistensi perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menekankan pada kekuatan interogatif bersama informan serta menggali secara sistematis tentang gambaran fenomena penelitian, karakteristik hubungannya serta implementasi dari kaitan hubungan tersebut dengan obyek penelitian yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan Secara umum persepsi unsur pimpinan terhadap Corporate Social Responsibility PT. Holcim Indonesia area Tuban adalah baik, pelaksanaan program CSR yang dilakukan oleh PT. Holcim Indonesia mengindikasi adanya harapan masyarakat yang muncul setelah menerima program-program CSR. Namun demikian masih terdapat beberapa program CSR yang belum berjalan secara optimal seperti pemberdayaaan dan pelatihan. Manfaat Corporate Social Responsibility bagi perusahaan PT. Holcim Indonesia area Tuban adalah dapat meningkatkan reputasi dan citra perusahaan, membina hubungan baik dengan stakeholder, memberi sumbangan kemajuan pada negara melalui upaya mendorong masyarakat mempunyai pemikiran yang inovatif. Manfaat Corporate Social Responsibility bagi unsur pimpinan adalah adanya program-program fisik dan non fisik yang sangat bermanfaat seperti pengadaan air besih, pembangunan gedung sekolah, bidang kesehatan, pemberdayaan ekonomi untuk pertanian dan peternakan. Manfaat non fisik adalah adanya pelatihan-pelatihan bagi pemberdayaan masyarakat.