Daftar Isi:
  • Perkembangan zaman yang semakin pesat, maka setiap manusia dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan yang berubah sangat cepat dan kompleks sehingga daya kreatif manusia untuk menciptakan lapangan pekerjaan semakin terbuka. Perkembangan kreatifitas manusia mendorong untuk terciptanya industri kreatif pada saat ini. Dalam industri kreatif juga tak terlapas dengan adanya organisasi didalamnya. Organisasi dewasa ini pun mengalami perkembangan yang cukup pesat, pada saat ini organisasi mulai bergeser sedikit demi sedikit dari bentuk yang mekanistik menuju bentuk yang organik. Selain itu penelitian ini memfokuskan pada manajemen komunikasi yang terjadi dalam organisasi organik yang berada pada industri kreatif. Organisasi organik yang termasuk dalam industri kreatif adalah Maestro Production Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis manajemen komunikasi yang terjadi pada organisasi organik apakah berbeda dengan organisasi mekanistik. Hal ini dilihat dari segi Planning, Organizing, Directing and Controlling, evaluasi, pola komunikasi, dan makna hubungan antara atasan dan bawahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe analisis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposif sampling. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion. Dan teknik keabsaahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil menunjukan bahwa manejemen yang dilakukan pada organisasi organik dan organisasi mekanik tidak jauh berbeda, namun dalam melakukan proses dalam setiap tahap yang tidak sama antara organisasi organik dengan organisasi mekanik.