Implementasi Strategi Marketing Public relations Radio Elfara FM Malang melalui Program Off Air

Main Author: Partin, ZelaWahyuningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121405/1/SKRIPSI_ZELA_WAHYUNINGSIH_PARTIN_-_105120201111047.pdf
http://repository.ub.ac.id/121405/
Daftar Isi:
  • Radio Elfara FM Malang merupakan sebuah perusahaan media yang bergerak dibidang jasa dengan target pendengar anak muda. Radio ini memiliki kegiatan on air dan off air yang melibatkan pendengar dengan segmentasi menengah keatas yaitu A, B+. Kini Radio Elfara FM mengembangkan kegiatan di bidang off air dalam bentuk strategi marketing public relations. Pada penelitian ini, peneliti mendeskripsikan dan menganalisis implementasi strategi marketing public relations yang terbentuk pada kegiatan off air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling dan pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara mendalam semi terstruktur dan observasi non partisipan serta di dukung dengan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis data Filling System dengan teknik keabsahan data Triangulasi Metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi marketing public relations yang digunakan yaitu pull, push dan pass strategy. Peneliti memfokuskan pada bentuk kegiatan yang tergolong pada strategi marketing public relations melalui program off air. Dalam pelaksanaan strategi marketing public relations tersebut terdapat strategi yang telah sesuai dengan SOP dan strategi yang tidak sesuai dengan SOP. Namun dengan adanya ketidaksesuaian tersebut justru menjadikan radio Elfara FM meraih keuntungan yang tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya konsep-konsep program off air yang berbeda dari radio pada umumnya dalam pengemasan acara off air. Sehingga, saran dari penelitian ini adalah menambahkan jenis program off air khususnya pada pull strategy agar dapat menarik perhatian pendengar yang lebih maksimal. Selain itu perlu diadakannya evaluasi dan revisi SOP radio Elfara FM agar sejalan dengan ketentuan SOP yang pada dasarnya menjadi sebuah pedoman dan harus dipatuhi.