Marketing Politik Anggota Legislatif Kota Malang (Studi Pencalonan Abdul Hakim dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pemilu Legislatif 2014)
Main Author: | Lesmana, VeryYudha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121393/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/121393/ |
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis marketing politik yang dilakukan oleh Abdul Hakim pada pemilu legislatif 2014 di Kota Malang melalui metode kualitatif deskriptif. Perangkat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah kombinasi marketing politik dan komunikasi politik. Penelitian ini berusaha untuk memperdalam kajian ilmu politik khususnya pada wilayah studi marketing politik. Hasilnya, diperoleh fakta bahwasanya sosok Abdul Hakim, dalam marketingnya banyak melakukan usaha kampanye dengan tatap muka langsung kepada masyarakat. Marketing politik dilakukan melalui bantuan tokoh masyarakat, organisasi serta juga memanfaatkan media massa online maupun cetak. Temuan menarik yang diperoleh peneliti adalah adanya politik uang dalam proses kampanye, serta memakai marketing politik dengan target masyarakat adal lokal dan etnis madura. Hasilnya cukup baik dengan strategi ini. Akan tetapi, Abdul Hakim kurang intens dalam hal sosialisasi kampanye melalui media massa cetak maupun online. Oleh karena itu, melalui marketing politik yang signifikan, Abdul Hakim memperoleh suara atau terbanyak pada pemilu legislatif 2014 di Kota Malang. Selain itu, Abdul Hakim merupakan incumbent, yang mana sebagai incumbent mampu mencitrakan diri serta sosialisasi dalam masyarakat dan juga memanfaatkan masa reses untuk bekerja maksimal.