Hubungan Antara Disability Awareness Dengan Peer Support Pada Teman Sebaya Mahasiswa Disabilitas Di Universitas Brawijaya Malang
Main Author: | Baroroh, FiinaNuriel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121389/1/Skripsi_Fiina.pdf http://repository.ub.ac.id/121389/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disability awareness dengan peer support pada teman sebaya mahasiswa disabilitas di Universitas Brawijaya. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil populasi mahasiswa Brawijaya yang mengambil mata kuliah bersama dengan mahasiswa disabilitas. Skala variabel disability awareness disusun berdasarkan teori Antonak & Livneh (Gordon, 2008) dan skala variabel peer support disusun berdasarkan teori Sarafino (Kuntz, 2006). Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Uji coba penelitian menggunakan 52 mahasiswa Psikologi angkatan 2014. Subjek penelitian berjumlah 140 mahasiswa Brawijaya. Uji validitas menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach-Alpha. Hasil penelitian dengan analisis korelasi product moment-Pearson menunjukkan variabel disability awareness dan peer support memperoleh korelasi sebesar 0,656 dengan nilai signifikan 0,000 (sig < 0,05), artinya terdapat hubungan positif antar variabel sehingga semakin tinggi disability awareness, maka semakin tinggi pula peer support yang diberikan pada mahasiswa disabilitas di Universitas Brawijaya Malang