Strategi Kampanye Politik Dewan Pimpinan Pusat (Dpp) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sebagai Partai Politik Baru Di Indonesia

Main Author: Muhammad, HattaAbdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121386/1/revisi_kompre_1-6_fix.pdf
http://repository.ub.ac.id/121386/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini penulis berusaha membahas mengenai bagaimana strategi kampanye politik Partai Persatuan Indonesia sebagai partai politik baru di Indonesia, ditinjau dalam kerangka studi kampanye politik dan komunikasi politik. Dalam pelaksanaannya terhadap sosialisasi dan pengembangan masa depan partai politik, aktivitas kampanye politik yang memiliki waktu tidak terbatas yang dilakukan Partai Persatuan Indonesia merupakan agenda yang penting untuk dilakukan. Hal ini terkait pembentukan image atau citra partai terhadap masyarakat secara keseluruhan karena citra baik terhadap Partai Persatuan Indonesia dapat dibentuk, dibangun, dan diperkuat dengan melakukan politik pencitraan dari agenda kampanye politik. Sedangkan komunikasi politik merupakan sebuah cara yang dilakukan Partai Persatuan Indonesia dalam proses penyampaian pesan terhadap masyarakat yang memiliki implikasi terhadap politik dalam aktivitas kampanye politik yang dilakukan. Analisa dalam penelitian ini adalah menggunakan teori kampanye politik dan komunikasi politik, karena dalam proses sebuah kampanye politik yang dilakukan partai politik, kedua unsur tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menjelaskan dalam bentuk narasi tentang bagaimana proses strategi kampanye politik yang dilakukan Partai Persatuan Indonesia yang merupakan partai politik baru dalam membentuk pesan-pesan politik maupun citra politik terhadap masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Partai Persatuan Indonesia telah melakukan proses kampanye politik maupun komunikasi politik sebagai langkah sosialisasi dan menyebarkan ide maupun gagasan yang dimiliki PartaiPersatuan Indonesia dalam rangka membentuk citra dan keberlangsungan Partai Persatuan Indonesia di masa depan. Partai Persatuan Indonesia harus cermat terkait penerapan agenda kampanye politik yang akan dilakukan, hal ini berhubungan dengan proses kampanye politik dan pembentukan citra terhadap masyarakat.