Hiperealitas Online Shop Dan Tindakan Konsumtif Melalui Jejaring Sosial Online (Studi Aktifitas Belanja Online Mahasiswi Melalui Facebook)

Main Author: Peristiwati, Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121328/
Daftar Isi:
  • Adanya kemajuan teknologi dan berkembangnya komunikasi memunculkan online shop pada jejaring sosial Facebook. Online shop seringkali menampilkan simulacra melalui foto barang-barang yang dijual yang menyebabkan munculnya suatu hiperrealitas. Dari hiperealitas yang muncul berperan dalam tindakan konsumtif mahasiswi, hal ini yang melatar belakangi penelitian ini. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana online shop fashion menampilkan simulacra dan hiperealitas, serta bagaimana hiperealitas berperan dalam tindakan konsumtif mahasiswi Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunanakan metode etnografi digital, dimana objeknya adalah para pemilik online shop fashion dan para konsumen dikalangan mahasiswi Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini menunjukkan Facebook dimanfaatkan untuk bisnis online seperti fashion. Online shop fashion ternyata mengubah hasil foto agar lebih menarik. Online shop juga membuat keterangan atau tag untuk menandai pengguna dijaringan pertemanannya. Tag merupakan bentuk hiperteks dan bersifat “clickable”, sehingga onlineshop dan jaringannya dapat saling terhubung. Foto yang ditampilkan juga merupakan salah satu hipermedia, sehingga banyak orang dapat mengakses. Kemudian online shop juga sering memberi caption pada foto dengan huruf menarik perhatian. Segala perubahan pada foto telah menghasilkan simulacra. Dari simulacra menghasilkan hiperealitas dan berperan dalam tindakan konsumtif.