Strategi Marketing Politik Anggota Legislatif DPRD Incumbent Pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 Di Kota Surakarta

Main Author: Nabila, AnditaKhusna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121323/1/COVER_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/121323/2/BAB_1-6.pdf
http://repository.ub.ac.id/121323/3/DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/121323/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing politik anggota legislatif DPRD incumbent pada pemilu legislatif tahun 2014 di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan kerangka konsep marketing politik Adman Nursal yang terdiri dari beberapa komponen, seperti lingkungan pemasaran, strategi marketing (segmentasi, targeting, dan positioning) dan proses delivery berupa strategi kampanye politik. Dari data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas incumbent dalam penelitian ini memilih segmentasi pemilih dan targeting dari masyarakat kelas menengah ke bawah dan pemilih perempuan. Positioning yang dilakukan adalah dengan cara menonjolkan sisi kesederhanaan. Para incumbent melakukan kegiatan perawatan pemilih yang berhasil dijaring pada pemilu sebelumnya dengan cara melakukan kegiatan push political marketing yang dilakukan secara rutin dan jauh hari sebelum masa kampanye tiba