Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik melalui E-commerce dengan Persepsi Risiko sebagai Variabel Mediator

Main Author: Ramadani, AuliaFitrah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121321/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menguji peran persepsi risiko sebagai mediator dalam pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui ecommerce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli kosmetik melalui ecommerce. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli kosmetik melalui ecommerce minimal satu kali yang berjumlah 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis mediasi sederhana Hayes (2013). Hasil penelitian menemukan bahwa pengaruh langsung dari kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui e-commerce (b = 0,73; p = 0,000), kemudian pengaruh kepercayaan konsumen terhadap persepsi risiko (b =- 0,44; p = 0,000), persepsi risiko terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui e-commerce (b = -0,48; p = 0,0031) dan hasil pengaruh tidak langsung antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui e-commerce dengan dimediasi oleh persepsi risiko menjadi tetap signifikan (b =0,21; p = 0,0036) tetapi nilai koefisiennya (b) berkurang. Hal ini mengindikasikan bahwa persepsi risiko menjadi mediator sebagian (partial mediator) pengaruh antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui e-commerce, artinya masih ada kemungkinan variabel lain yang dapat memediatori kedua variabel tersebut. Diskusi lebih lanjut akan dipaparkan dalam penelitian ini.