Kompetisi Program Berita Radio Kota Malang (Aplikasi Teori Niche Dalam Mengukur Persaingan Program Berita Radio Mas Fm Dan Puspita Fm)
Main Author: | Brata, FiscaTanjungKusumaning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121286/ |
Daftar Isi:
- Industri radio swasta telah bergerak menuju suasana persaingan yang sengit saat ini, seperti antara MAS FM dan Puspita FM. Keduanya memiliki potensi untuk bersaing satu sama lain karena mereka memiliki beberapa kesamaan yang akan berpengaruh terhadap program siaran yang mereka buat. Program menarik (konten siaran) akan menarik banyak penonton dan radio akan mendapatkan banyak pendapatan dengan iklan radio yang masuk, yang pada gilirannya akan membantu untuk mendapatkan lebih banyak penonton. Dimmick dan Rothenbuhler menyatakan bahwa terdapat 3 sumber utama untuk mempertahankan kehidupan industri media, antara lain types of capital ( pendapatan dari iklan, misalnya), types of content (jenis isi siaran), dan types of audience (jenis target penonton) (Sendjaja, 1993). Ini berarti bahwa persaingan antar media, pada intinya, kompetisi antar 3 sumber daya. Sumber kehidupan adalah alasan stasiun radio dapat terus eksis (mengudara). Sebuah stasiun radio membutuhkan program siaran untuk mengisi waktu siaran yang tersedia. Penelitian ini akan berfokus pada program siaran radio (types of content), yaitu program berita. Untuk menemukan tingkat persaingan program siaran antara MAS FM dan Puspita FM, penelitian ini akan menggunakan aplikasi teori niche. Teori niche digunakan untuk mengukur tingkat kompetisi media dengan menghitung besaran niche (niche breadth dan niche overlap). Hasil dari pengukuran, baik niche breadth (NB) dan niche overlap (NO), menunjukkan bahwa tidak ada persaingan program berita antara MAS FM dan Puspita FM. Hasil nilai niche overlap menunjukkan angka sebesar 7,371, yang artinya antara MAS FM dan Puspita FM tidak saling bersaing. Selanjutnya, nilai niche breadth mengindikasikan bahwa kedua radio memiliki sumber penunjang yang spesialis. Hasil nilai niche breadth MAS FM menunjukkan angka sebesar 4,3421, sedangkan Puspita FM menunjukkan angka sebesar 5,2603.