Perbedaan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Keikutsertaan dalam Bimbingan Belajar

Main Author: Maulani, Vitrie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121218/1/051401991.pdf
http://repository.ub.ac.id/121218/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemandirian siswa sekolah dasar ditinjau dari keikutsertaan dalam bimbingan belajar (bimbel). Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan kemandirian antara siswa sekolah dasar yang mengikuti bimbingan belajar dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Subjek penelitian adalah siswa SDK Corjesu kelas 4, 5, 6 berjumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan sampel jenuh. Alat ukur yang digunakan adalah skala kemandirian (23 aitem valid). Teknik analisis data menggunakan independent t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t-hitung (2,326) lebih besar dari t-tabel (1,973) dan nilai signifikansi (0,021) lebih kecil dari alpha (0,05) menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok yang diteliti sebesar 97,9%. Skor mean kemandirian siswa yang mengikuti bimbel adalah 65, 6204 dan siswa yang tidak mengikuti bimbel adalah 67, 2073. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor mean kemandirian siswa sekolah dasar yang tidak mengikuti bimbel lebih tinggi dibanding skor mean kemandirian siswa sekolah dasar yang mengikuti bimbel.