Reproduksi Praktik Sosial Dan Sekolah Formal (Studi Kasus Pada MI Nurul Huda Di Dusun Oroploso Desa Sumberglagah Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan

Main Author: Kharismaya, RidhaRizkiDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121210/1/REVISI_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/121210/
Daftar Isi:
  • Faktor Rendahnya Ekonomi, Tingginya Budaya Agama, Kurangnya Pengetahuan Tentang Pendidikan Formal Serta Ketidaktersediaan Sarana Pendidikan Formal Menyebabkan Masyarakat Di Dusun Oroploso Kabupaten Pasuruan Tidak Ada Yang Mengenyam Bangku Pendidikan. Kondisi Ini Terjadi Secara Turun-Temurun Dan Selama Bertahun-Tahun Sehingga Menyebabkan Masalah Kemiskinan Di Dusun Ini Sulit Diatasi. Kondisi Tersebut Mendorong Sebuah Sekolah Formal Berbasis Agama Islam MI Nurul Huda Mengubah Habitus Masyarakat. Rumusan Masalah Pada Penelitian Ini Adalah Bagaimana Praktik Sosial Yang Dilakukan Oleh MI Nurul Huda Untuk Merubah Habitus Masyarakat Dusun Oroploso Desa Sumberglagah Kabupaten Pasuruan. Penelitian Ini Menggunakan Teori Praktik Yang Dikemukakan Oleh Pierre Bourdieu, Yaitu Membahas Habitus, Modal Ekonomi, Modal Budaya, Modal Sosial, Dan Modal Simbolik, Ranah, Serta Kekerasan Simbolik Untuk Menjelaskan Dan Menganalisis Praktik Sosial Pada Reproduksi Budaya Islam Dan Pendidikan Formal. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Studi Kasus. Pengumpulan Data Dilakukan Melalui Pengamatan ( Observasi ), Wawancara ( Interview ) Dan Dokumentasi. asil Penelitian Menunjukkan Bahwa Praktik Sosial MI Nurul Huda Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Dusun Oroploso Dilakukan Melalui Habitus Yang Dimiliki MI Nurul Huda Dengan Berbagai Modal (Ekonomi, Sosial, Budaya, Simbolik) Dalam Ranah Pendidikansehingga Masyarakat Yang Sebelumnya Tidak Mempedulikan Pendidikan Formal. MI Nurul Huda Sebagai Agen Perubahan Habitus Masyarakat Memiliki Habitus Dan Berbagai Berbagai Modal (Ekonomi, Budaya, Sosial, Dan Simbolik) Pada Ranah Pendidikan Sehingga Mampu Meningkatkan Kualitas Masyarakat Dusun Oroploso Melalui Pendidikan. Agen Melakukan Pendekatan Pada Anak Usia Sekolah Maupun Orangtua Dengan Berbagai Strategi Dan Modal Yang Dimiliki. Sekarang, Kondisi Masyarakat Dusun Oroploso Telah Berubah. Masyarakat Yang Dulunya Hanya Menganggap Ilmu Agama Adalah Ilmu Yang Paling Penting Untuk Dipelajari Dan Menganggap Pendidikan Formal Tidak Penting Berubah Menjadi Masyarakat Yang Mempedulikan Pendidikan Formal. Kini, Kondisi Masyarakat Di Dusun Oroploso Membaik, Masyarakat Duusn Oroploso Terbebas Dari Buta Huruf.