Persepsi Risiko (Perceived Risk) Konsumen dalam Perilaku Belanja Daring Busana Muslim di Kalangan Mahasiswi Berhijab Trendi di Kota Malang Ditinjau dari Tipe Kepribadian DISC

Main Author: Faradillah, NurRani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121208/1/051401844.pdf
http://repository.ub.ac.id/121208/
Daftar Isi:
  • Belanja daring merupakan pembelian produk atau jasa melalui media internet. Selama proses belanja daring, konsumen mempersepsikan kemungkinan adanya risiko karena toko tidak berbentuk secara nyata (virtual) dan pelayanan yang mungkin sepenuhnya tidak terjamin. Penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian DISC konsumen pada enam persepsi risiko dalama belanja daring. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan analisa data menggunakan metode coding. Subjek penelitian dipilih melalui purposive sampling , yaitu empat subjek wanita yang mengikuti tren fashion busana hijab trendi dan memiliki pengalaman minimal satu kali pembelian dalam belanja daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat subjek memiliki persepsi berbeda. Meskipun situasi belanja daring sama, subjek dengan tipe kepribadian berbeda akan mempersepsikan risiko secara berbeda. Mereka bahkan melakukan strategi berbeda untuk meminimalkan risiko. Implikasi penelitian turut dibahas dalam skrispi ini.