Analisis Elaboration Likelihood Model Dalam Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Emba Jeans

Main Author: Indriastika, MaylindaMuliaPutri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121189/
Daftar Isi:
  • Menurut Richard Petty dan John Cacioppo teori Elaboration Likelihood Model merupakan sebuah teori persuasi. Elaboration Likelihood Model adalah suatu kemungkinan bahwa individu akan mengevaluasi infromasi secara kritis (Littlejohn dan Foss, 2008, h.108). Elaboration likelihood model dalam penelitian ini digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen dalam brand equity terhadap variabel dependen keputusan pembelian konsumen Emba Jeans. Variabel independen terdiri dari brand awareness sebagai X1, perceived quality sebagai X2, brand association sebagai X3, dan brand loyalty sebagai X4. Variabel dependen atau variabel Y adalah keputusan pembelian. Metodologi yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan menggunakan analisis data regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand equity terhadap keputusan pembelian konsumen Emba Jeans baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel brand loyalty adalah variabel yang memiliki pengaruh paling dominan. Kesimpulannya dalam Elaboration Likelihood Model konsumen yang berada pada rute periferal yaitu konsumen yang melakukan keputusan pembelian dipengaruhi oleh brand awareness dan brand association, konsumen ini disebut juga konsumen low skepticism. Sedangkan konsumen yang berada pada rute sentral yaitu konsumen yang melakukan keputusan pembelian dipengaruhi oleh perceived quality dan brand loyalty, konsumen ini disebut juga konsumen high skepticism. Penelitian ini memberikan temuan baru tentang fenomena brand equity pada perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian yang dikaji dengan teori komunikasi Elaboration Likelihood Model.