Strategi Kampanye Calon Legislatif Partai Demokrat Kabupaten Kediri (Studi Kasus Pemilu Calon Legislatif 2014)
Main Author: | Yono, RigaPrananda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121171/1/Skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/121171/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjelaskan mengenai strategi berkampanye para calon legislatif DPRD dari Partai Demokrat Kabupaten Kediri, dalam pelaksanaan Pemilu ditahun 2014. Berbeda dengan Pemilu sebelumnya yang dilaksanakan pada tahun 2009, dimana para caleg sudah banyak terbantu dengan citra dari nama besar Partai Demokrat. Dalam pemilu 2014, kepercayaan masyarakat terhadap Partai Demokrat menurun drastis, sehingga membuat para caleg dari Partai Demokrat dituntut untuk bekerja keras merebut hati masyarakat. Beragam strategi kampanye yang dijalankan para caleg Partai Demokrat Kabupaten Kediri, penulis coba untuk jelaskan dalam bingkai teori tindakan sosial yang dijelaskan oleh Max Webber. Max Webber menjelaskan bahwa tindakan seseorang tidak berjalan sesuai kebetulan, melainkan memiliki makna dan tujuan tertentu. Webber mengelompokan tindakan sosial kedalam empat kelompok yakni; rasionalitas instrumental, rasionalitas atas sebuah nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional. Dengan pengelompokan tersebut, penulis akan memaparkan strategi kampanye yang dilakukan caleg berdasarkan tiap-tiap kelompok. Selain itu dalam menerapkan strategi kampanyenya para caleg akan menyesuaikan dengan bentuk budaya dari masyarakat Kabupaten Kediri, khususnya yang sangat kental dengan kebudayaan islam dan budaya untuk bersosialisasi. Namun dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini, muncul sebuah tren baru dikalangan masyarakat Kabupaten Kediri dalam menentukan pilihan politiknya, tren tersebut adalah money politik.