Love Relationship pada Penyandang Tuna Netra (Studi pada Interpersonal Relationship Pasangan Kekasih Penyandang Tuna Netra Dewasa Muda di Surabaya)
Main Author: | Puspita, Laily |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121168/1/Laily_Puspita_%28105120201111020%29_-_Love_Relationship_pada_Penyandang_Tuna_Netra.pdf http://repository.ub.ac.id/121168/ |
Daftar Isi:
- Love Relationship atau hubungan cinta adalah hal yang biasa dialami oleh sebagian besar dari kita yang berusia dewasa muda. Berawal dari ketertarikan secara fisik, sebuah hubungan dapat terbangun lebih jauh. Hal ini juga yang dialami oleh para penyandang tuna netra. Menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan tataran deskriptif, fokus penelitian ini adalah mengenai bagaimana interpersonal attractiveness, relationship development, relationship maintenance dan konflik hubungan pada pasangan tuna netra (visual impairment). Hasil penelitian ini dirangkum berdasarkan rumusan masalah dan fokus penelitian, bahwa penyandang tuna netra mengandalkan fungsi indra pendengaran sebagai pengganti indra penglihatan. Mereka dapat mengenal dan menghafal orang lain melalui suara seperti nada bicara, bahkan derap langkah. Mereka menilai tampan atau cantiknya seseorang dari suara yang terdengar. Awal ketertarikanpun dari suara dan penampilan fisik pasangan. Penampilan fisik mereka ketahui dengan bertanya pada orang-orang berpenglihatan normal. Kemudian mereka membangun dan mempertahankan hubungan dengan cara yang khas: kata-kata verbal adalah hal yang paling utama, saat pergi berkencan ke suatu tempat mereka membawa pendamping masing-masing sebagai penunjuk jalan, dan komunikasi tidak langsung atau jarak jauh menggunakan gadget yang terdapat aplikasi khusus sehingga gadget mereka dapat mengeluarkan suara. Meskipun terdapat tanda perusakan hubungan namun komitmen yang kuat tidak membuatnya berakhir. Cara mereka menyelesaikan konflik adalah dengan mengandalkan kata-kata verbal.