Persepsi Audiens Rri Programa 1 Stasiun Malang (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Pendengar Daerah Rw 18 Kelurahan Mojolangu Dalam Program Acara Siaran Berita Di Rri Programa 1 Stasiun Mal

Main Author: Saputra, DalisUsman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121162/1/SKRIPSI_DALIS_0710023121.pdf
http://repository.ub.ac.id/121162/
Daftar Isi:
  • Dari Survai AC Nielsen Mei 2014, Konsumsi Media Di Indonesia Didominasi Televisi (95%), Disusul Internet (33%), Radio (20%), Surat Kabar (12%), Tabloid (6%) Dan Majalah (5%). Dari Hal Tersebut Dapat Dikatakan Bahwa Radio Di Indonesia Masih Memiliki Pendengar. Salah Satu Radio Yang Ada Di Indonesia Yang Pertama Kali Muncul Dan Merupakan Alat Perjuangan Bangsa Indonesia Adalah Radio Republik Indonesia (RRI). Radio Republik Indonesia (RRI) Adalah Lembaga Penyiaran Publik Milik Negara Yang Berjaringan Terluas. Sampai Dengan Tahun 2011 Memiliki 77 Cabang Se-Indonesia Dan Jaringan Kurang Lebih 80% Wilayah. Salah Satu Cabang RRI Yang Berada Di Indonesia Yaitu RRI Stasiun Malang. Peneliti Menganggap Bahwa Keberadaan RRI Malang Sebagai Radio Publik Sangat Butuh Perhatian Dari Audiens Dalam Hal Eksistensi Progam Siarannya, Yang Mengarah Pada Kebutuhan Publik Dalam Hal Berita Dan Informasi. Oleh Sebab Itu Tujuan Dari Penelitian Ini Untuk Mengetahui Mengenai Persepsi Audiens Tentang RRI Programa 1 Sebagai Radio Berita. Cara Sistematis Untuk Menelaah Persepsi Pendengar RRI Progama I Ialah Melalui Riset Pendengar (Audience Research). Hasil Penelitian Ini Bahwa Dalam Menggunakan Media Massa Radio Diketahui Persepsi Audiens Terhadap RRI Programa I Sebagai Radio Berita Antara Lain Faktor Pembaruan Dan Orisinalitas Berita Telah Mewakili Masyarakat Dalam Pemenuhan Kebutuhan Akan Berita. Faktor Psikologis Informan, Informan Pendengar Yang Mempunyai Intensitas Mendengarkan RRI Programa I Direlasikan Dengan Kecenderungan Pribadinya Yang Menyukai Berita Dan Informasi. Kecenderungan Menyukai Informasi Dan Berita Mendorong Informan Untuk Memilih RRI Yang Sesuai Dengan Kesukaan Mereka Dan Kebutuhan Mereka.Berdasarkan Penelitian Ditemukan Dari Tujuh Informan Meliputi 6 Informan Yang Bekerja Sebagai Wiraswasta Dan 1 Informan Bekerja Sebagai Pegawai Menyatakan Bahwa Mereka Sangat Membutuhkan Radio Yang Menyajikan Berita Lokal Sekitar Malang Raya Karena Kebutuhan Mereka Akan Berita Yang Meningkat. Penggunaan Teori Persepsi Dalam Penelitian Ini Menjelaskan Bahwa Khalayak Memang Menyimpulkan Informasi Dan Menafsirkan Pesan Dan Memberikan Makna Pada Stimulasi Inderawi Pada Berita Yang Disiarkan Oleh RRI Programa I Malang. Demikian Kesimpulan Dari Hasil Penelitian Kualitatif Deskriptif. Audiens Dari Daerah RW 18 Kelurahan Mojolangu Diasumsikan Mempersepsi RRI Programa I Sebagai Radio Berita Sudah Mewakili Kebutuhan Informasi Warga RW 18 Kelurahan Mojolangu Kota Malang.