Perilaku Remaja Pemain Game Online Point Blank Yang Terlibat Dalam Komunikasi Kelompok Online Klan Marine Corp Di Kelurahan Dinoyo Kota Malang

Main Author: Lumaksono, ErytasariArniadewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121150/1/051401325.pdf
http://repository.ub.ac.id/121150/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasikan, dan menganalisis komunikasi kelompok remaja Online Gamer pada Klan Marine Corp , perilaku yang terjadi pada remaja pemain game online Point Blank yang terlibat dalam komunikasi kelompok online klan Marine Corp di kelurahan Dinoyo kota Malang, perubahan perilaku yang terjadi pada remaja pemain game online Point Blank yang terlibat dalam komunikasi kelompok online klan Marine Corp di kelurahan Dinoyo kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tataran analisis deskriptif. Jumlah informan penelitian ini sebanyak 13 orang yang mayoritas remaja. Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling . Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles and Huberman dengan tahapan tabulasi, deskripsi, interpretasi, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kelompok game online Point Blank Marine Corp berinteraksi dengan cara chatting pada forum diskusi online pada saat bermain game secara bersama-sama. Mereka juga melakukan sharing dalam forum tersebut. Pembicaraan dalam komunikasi kelompok yang mereka lakukan antara lain tentang masalah game online Point Blank dan tentang masalah pribadi para anggota. Interaksi juga berupa sindiran, teguran, saling mempengaruhi untuk membeli cash antar anggota. Intensitas bermain para anggota hampir setiap hari dengan waktu rata-rata 3-5 jam perhari. Mereka selalu membeli cash game Point Blank dan setiap hari mengeluarkan biaya untuk bermain di warnet sehingga menimbulkan sifat konsumtif pada diri mereka. Mereka juga mengalami perubahan pada perilaku sosial semenjak bergabung dalam komunitas ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa para anggota klan Marine Corp melakukan komunikasi kelompok melalu chatting di forum diskusi online saat bermain game Point Blank . Semua anggota menjadi konsumtif karena akan selalu membeli cash game setiap bermain agar char karakter mereka bagus dan pangkatnya tinggi. Perubahan juga terjadi dengan perilaku sosial dan perkataan para anggota. Para anggota menjadi lebih peduli dan solid karena selalu melakukan sharing . Selain itu mereka menjadi terbiasa menggunakan perkataan kasar saat berinteraksi.