Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami dan menganalisis penggunaan facebook yang di gunakan sebagai media dalam berkomunikasi di biro perjalanan Dunia Wisata, Malang. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman dan masukan dalam memaksimalkan kreatifitasnya sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Dunia Wisata Malang. Sumber penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan facebook di Dunia Wisata dapat berfungsi informasi, fungsi integratif dan fungsi persuasif. Karyawan dapat memanfaatkan dengan maksimal fitur-fitur yang ada dalam facebook . Komunikasi antara pimpinan dan karyawan serta antar karyawan pun terjalin dengan baik dalam konteks komunikasi yang bersifat informal. Facebook dapat dimanfaatkan secara fungsional sebagai solusi dalam mengelola pengetahuan di sebuah organisasi. Pada penelitian ini, facebook juga dapat memfasilitasi penyelenggaraan knowledge management di dalam organisasi. Tetapi ada beberapa karyawan yang merasa jenuh dikarenakan setiap hari harus selalu mengakses facebook . Untuk itu, facebook hendaknya digunakan secara bijak dalam artian tidak terus-menerus dan bukan menjadi media utama dalam berkomunikasi di organisasi.