Bentuk Pembelajaran Dari Lembaga Griya Baca Anak Jalanan Kota Malang (Studi Kasus pada Griya Baca Kota Malang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya anak jalanan dan masyarakat sehingga dapat memperoleh peluang kerja yang sesuai kebutuhan masyarakat.( Hamdani 11:2007) . Penelitian ini menggunakan teori Paulo Freire untuk menyadarkan kelompok rakyat tertindas. Mereka bukanlah objek melainkan subyek yang bebas. Menurut Freire, mereka harus sadar akan kedudukannya di dalam masyarakat. Seperti ini juga mereka harus sadar bahwa kemanusiaan mereka telah dihancurkan dan harus direbut lagi melalui perjuangan. Karena dalam jiwa rakyat tertindas telah terbangun rasa takut dalam perjuangannya, usaha untuk mendapatkan kemanusiaan kembali itu begitu berat dan menyusahkan. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus kualitatif deksriptif. Lokasi penelitian di jalan Abdul Rahman Hakim 2/793 Kota Malang. Fokus penelitian yaitu mendeksripsikan bentuk pembelajaran yang dilakukan lembaga Griya Baca pada anak jalanan di Kota Malang. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data: 7 penjodohan pola. Keabsahan data: triangulasi sumber Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bentuk pembelajaran lembaga Griya Baca pada anak jalanan di Kota Malang, dimana bentuk pembelajaran tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Metode Diskusi , yaitu m etode pembelajaran yang dilakukan Griya Baca ini yaitu mengutamakan peran serta dari atau pengurus dan anak binaan 2) Pemberian tugas , m etode pemberian tugas yaitu dengan berupaya untuk memberdayakan anak binaan untuk memiliki keterampilan serta kemampuan dalam melakukan kreasi sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki 3) Ceramah atau motivasi , yaitu memberikan c