Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kompetensi Profesional Dosen Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya
Main Author: | Massudi, Nanian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 1900
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121049/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara persepsi terhadap kompetensi profesional dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang analisisnya bersifat korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Psikologi Psikologi Universitas Brawijaya yang mengambil mata kuliah wajib program studi pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 234 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala persepsi mahasiswa terhadap kompetensi profesional dan skala motivasi belajar. Skala disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan dimensi kompetensi profesional dosen (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2012) dan dimensi motivasi belajar ( Center on Education Policy , 2012) . Skala persepsi mahasiswa terhadap kompetensi profesional dosen reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,900 terdiri dari 37 item dan skala motivasi belajar reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,868 terdiri dari 32 item. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik uji korelasi Product Moment oleh Pearson menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for windows . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap kompetensi profesional dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya dengan koefisien korelasi sebesar +0,270 (p= 0,000; p<0,05). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara persepsi terhadap kompetensi profesional dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya diterima.