Strategi PT HM Sampoerna Tbk. Membangun Merek Melalui Integrated Marketing Communication (IMC) (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Merek Sampoerna A Mild)
Daftar Isi:
- Sampoerna A Mild merupakan merek rokok dari PT HM Sampoerna Tbk., afiliasi dari Philip Morris International (PMI). A Mild adalah pionir rokok kategori sigaret kretek mesin mild (SKM mild), yaitu rokok kretek buatan mesin dengan kadar tar dan nikotin rendah atau (low tar low nicotine/LTLN). Dari awal kemunculannya sampai sekarang A Mild menjadi pemimpin kategori rokok LTLN di Indonesia. Bahkan pada tahun 2009 sampai sekarang A Mild menjadi top leader merek-merek rokok di Indonesia pangsa pasar sebesar 14,3 persen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena pendekatan penelitian ini dianggap mampu memberikan pemahaman berupa deskripsi secara mendalam mengenai permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian yaitu mengenai strategi PT HM Sampoerna Tbk membangun merek A Mild melalui Integrated Marketing Communication (IMC). Teknik pengumpulan informan dilakukan dengan teknik key person. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT HM Sampoerna Tbk telah menerapkan Integrated Marketing Communication (IMC) dalam membangun merek A Mild agar tetap menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Platform pemasaran A Mild adalah menggunakan semua alat komunikasi massa untuk mewujudkan keterlibatan konsumen dewasa. Strategi komunikasi pemasaran A Mild adalah melakukan akuisis perokok muda dewasa yang sesuai dengan brand dan melakukan retensi pada konsumen setia A Mild. Terdapat empat pilar utama pada kegiatan komunikasi pemasaran Sampoerna untuk membangun merek A Mild, yaitu: Trade, event, DST (direct selling team), dan LAMP (legal age meeting point).