Kecenderungan Tema Berita Yang Berkait Dengan Tujuan Public Relations (Analisis Isi Kuantitatif Pada Teks Berita Di Website Pt. Pertamina (Persero) Edisi Bulan Mei 2014)

Main Author: Pratama, RezaIndrajaya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121020/1/Reza_Indrajaya_Pratama_-_0710023043.pdf
http://repository.ub.ac.id/121020/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan isi berita di menu news room website PT Pertamina terkait dengan tujuan public relations di mana berita yang berada di website PT Pertamina adalah hasil dari kegiatan public relations PT Pertamina yang di buat untuk memberikan informasi tentang perusahan, kegiatan perusahaan dan pengenalan produk baru PT Pertamina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kategorisasi dan indikator untuk mengamati tema dan kalimat berita di website terkait tujuan public relations. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 70 berita pada bulan mei untuk diamati menggunakan formula scott (scott pi) serta tabel frekuensi. Teknik pengolahan data menggunakan dua orang coder yang di berikan 70 berita dari website PT Pertamina untuk diamati serta melakukan pengkodingan dari kategorisasi dan indikator yang terkait dengan tujuan public relations yaitu menciptakan pemahaman antara perusahan dan publiknya (mutual understanding), membangun citra korporat (corporate image), citra korporat melalui program corporate social responsibility (CSR), membentuk opini publik yang favorable, membentuk good will dan kerja sama. Hasil Penelitian ini sesuai dengan teori impresi yaitu interaksi sosial setiap individu berupaya menampilkan gambaran dirinya atau konsep dirinya di depan orang lain. Konsep impresi ini juga bisa di aplikasikan kepada sebuah organisasi yaitu bagaimana perilaku organisasi dalam mempengaruhi impresi publiknya. Teori impresi mempunyai lima kategori atau tipologi strategi persentasi diri yaitu stategi ingratiation (menyenangkan orang lain), strategi self-promotion (promosi diri), strategi exemplification (sebagai contoh), strategi supplication (self-handicapping), strategi intimidation.