Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul STRATEGI MARKETING POLITIK PARTAI NASIONAL DEMOKRAT UNTUK MEMPEROLEH DUKUNGAN (Studi Kasus Partai NasDem Kota Kediri dalam Pemilu 2014 ) ini merupakan penelitian yang menggunakan deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi, studi literatur dan indepth interview. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui usaha dan strategi Partai NasDem Kota Kediri untuk memperoleh dukungan politik dari masyarakat Kota Kediri sebagai partai baru dalam kaitannya mencapai target suara partai yang ditargetkan. Sebagai fokus utama penelitian ini, Dewan Pimpinan Daerah Partai NasDem Kota Kediri membuat formulasi strategi marketing politik untuk merebut beberapa segmen pemilih yang dominan di Kota Kediri. Membuat strategi utama atau Grand Design Planning maupun strategi turunan untuk di implementasikan. Penelitian ini menggunakan teori dari Adman Nursal mengenai marketing politik yang membagi-bagi proses marketing menjadi beberapa bagian. Dengan komponen terpenting yakni segmentation, positioning, dan targetting dalam pemasaran politik. Partai NasDem mencitrakan diri sebagai bagian dari perubahan yang akan dilakukan oleh kader-kader muda dan professional. Partai NasDem dominan di kalangan pemilih muda dan perempuan. Pemilih muda (pemula) dari umur 19 tahun sampai 30 tahun dan kalangan perempuan menjadi segmentasi penting untuk target kontribusi rata-rata minimal 20% suara. Dilapangan faktor loyalis terhadap partai lama memang susah dibendung dan sulit merubah preferensi pemilih. Terbukti dalam penelitian ini Partai NasDem masih belum bisa mencapai target yang diinginkan.