Strategi Komunikasi Politik Partai Gerindra (Studi Kasus Strategi Pemenangan Pemilu Legislatif Kota Malang 2014)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang digunakan oleh salah satu partai politik dalam memenangkan pemilu calon legislative Kota Malang 2014. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan orang-orang yang dianggap memiliki kompetensi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pasca runtuhnya orde baru pada tahun 1998 lalu, perpolitikan Indonesia sudah tidak lagi dikuasai satu partai politik dominan. Era reformasi memungkinkan lahirnya berbagai partai politik dengan beragam ideology. Lahirnya berbagai partai juga membuat persaingan lebih ketat dalam meraih simpati pmilih dalam masa kampanye. Keadaan ini memaksakan berbagai partai politik untuk mampu bersaing dengan berbagai program dan cara-cara menarik. Partai Gerindra Kota Malang juga menggunakan kajian komunikasi politik dalam proses kampanye pileg 2014. Dimulai dengan menggandeng tokoh-tokoh masyarakat, Partai Gerindra Kota Malang juga merumuskan pesan politik disesuaikan dengan tipe-tipe pemilih yang ada. Dengan menggunakan beberapa saluran komunikasi politik untuk menyampaikan kepada komunikan. Sehingga hasil yang didapat pun sesuai dengan yang diharapkan. Meraih suara pemilih menjai target utama dalam proses ini. Sehingga lonjakan perolehan suara adalah hasil yang diharapkan dalam melakukan proses komunikasi politik ini.