Implementasi Program Corporate Social Responsibility Untuk Membina Hubungan Masyarakat (Community Relations) Khususnya Di Bidang Pendidikan Dan Lingkungan (Studi Pada Pt Astra Honda Motor Jakarta)
Main Author: | Zilfiananda, Ariza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121000/1/SKRIPSI_ARIZA_0710023008.pdf http://repository.ub.ac.id/121000/ |
Daftar Isi:
- Corporate Social Responsibility merupakan kegiatan sosial yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan dalam rangka melakukan hubungan timbal balik dari perusahaan kepada masyarakat sekitar. PT Astra Honda Motor melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility dengan cara membina hubungan masyarakat (community relations) di bidang pendidikan dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk menguraikan hasil interview tentang bagaimana implementasi program corporate social responsibility di bidang pendidikan dan lingkungan. Lalu dilakukan proses reduksi, analisis, triangulasi dan kemudian disimpulkan untuk memperoleh hasil bagaimana implementasi program corporate social responsibility PT Astra Honda Motor di bidang pendidikan dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Penelitian berlokasi di PT Astra Honda Motor Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Astra Honda Motor melakukan kegiatan corporate social responsibility di bidang pendidikan dan lingkungan dengan berpedoman konsep Tripple Bottom Line yaitu pada poin people dan planet. Poin people yaitu melaksanakan kegiatan corporate social responsibility dengan melaksanakan program pelatihan AHMBS yang bertujuan untuk melatih siswa-siswa berprestasi menjadi agent of change di lingkungan sekolah dan rumah setelah mengikuti pelatihan. Pada poin planet PT Astra Honda Motor memfokuskan pada pembangunan Taman Astra yang diperuntukkan untuk warga sekitar sebagai sarana sosialisasi dan sarana olahraga. Fungsi yang lebih penting adalah sebagai jantung kota untuk mengurangi polusi udara yang semakin parah di Jakarta Utara. Hubungan masyarakat dengan PT Astra Honda Motor juga semakin baik dan PT Astra Honda Motor mendapat citra yang baik di masyarakat.