Strategi Promosi Yang Dilakukan Bakso Kota Cak Man – Malang Dalam Memasarkan Produk
Main Author: | Rini, DwiRatnaSulistyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120997/1/051401138.pdf http://repository.ub.ac.id/120997/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini penjualan produk makanan semakin berkembang pesat dan membuat semaikn banyaknya inovasi serta varian dari makanan yang di tawarkan. Dengan adanya banyak pilihan yang diberikan para produsen berusaha memberikan yang terbaik untuk para pelanggan. Berkaitan dengan hal ini, komunikasi sangat penting untuk kegiatan pemasaran begitu juga halnya dengan penerapan 4P ( Place, promotion, produk, price ). Bakso Kota Cak Man juga melakukan beberapa proses promosi dalam strategi penjualannya. Kegiatan promosi dibutuhkan guna menarik minat para calon konsumen agar membeli produk Bakso kota Cak Man. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi dan proses promosi yang dilakukan Bakso Kota Cak Man-Malang dan peranan promosi Bakso Kota Cak Man Malang terhadap pemasaran produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif. Fokus pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi promosi yang dilakukan Bakso Kota Cak Man-Malang dalam memasarkan produk seperti apa saja strategi yang dipilih dan bagaimana penerapan strategi promosi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Bakso Kota Cak Man, maka dapat disimpulkan bahwa stertegi yan dilakukan oleh Bakso Kota Cak Man menggunakan Marketing Communication (MC) yaitu menggunakan periklanan (advertising) yaitu dengan penyebaran brosur, pemasangan aboard , dan pembuatan website serta media sosial. Kemudian promosi penjualan (sales promotion) dengan Undian Tebar Nikmat Tebar Hadiah, diskon 5% pengguna kartu One Heart , dan Cooking Class . Untuk Hubungan Masyarakat (Public Relations) dan publisitas yaitu dengan Rekor MURI pembutan bakso terbesar di Indonesia, sertifikasi produk rendah lemak, serta acara MAKAN BESAR di Trans 7. Pada Penjualan personal (personal selling) lebih kepada pegawai yang bekerja di lini depan (front liners) yang melayani dan menjawab setiap permintaan konsumen. Kemudian untuk pemasaran langsung (direct selling), pada Bakso Kota Cak Man belum dilakukan. Perilaku konsumen juga berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Seperti halnya pembuatan kemasan pasta kuah bakso yang diciptakan berdasarkan keinginan para konsumen.