Analisis Perbandingan Citra Radar Malang Pada Kegiatan Corporate Social Responsibility (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Wish Image Dan Current Image Radar Malang Melalui Car Free Day
Main Author: | Savetsila, DeviWidya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120985/1/SKRIPSI_-_DEVI_WIDYA_SAVETSILA_-_105120204111005.pdf http://repository.ub.ac.id/120985/ |
Daftar Isi:
- Radar Malang merupakan sebuah perusahaan media dengan produksi utamanya surat kabar harian yang berada di bawah naungan PT. Malang Intermedia Pers. Surat kabar harian ini mendapatkan predikat sebagai surat kabar dengan readership terbanyak se-Malang Raya. Kini Radar Malang mengembangkan kegiatan di bidang off print, salah satu bentuk kegiatannya adalah Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk event Car Free Day. Pada penelitian ini, peneliti mendeksripsikan dan menganalisis perbandingan antara wish image dan current image yang terbentuk pada kegiatan Car Free Day yang merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility Radar Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk memahami fenomena secara mendalam serta memaparkan kesesuaian citra dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan observasi kepada pihak internal perusahaan untuk mengetahui wish image, selain itu juga pada masyarakat dengan kriteria informan yang telah ditentukan untuk mengetahui current image yang terbentuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua kategori masyarakat yang menyebabkan perbedaan hasil current image. Pertama adalah masyarakat yang mengetahui Radar Malang adalah penyelenggara Car Free Day, di mana terbentuk current image yang sesuai dengan wish image. Kedua, masyarakat yag tidak mengetahui penyelenggara Radar Malang, di mana pada kategori ini tidak ditemukan kesesuaian antara wish image dan current image. Sehingga, saran praktis dari penelitian ini adalah untuk menambah media informasi dan publikasi mengenai Radar Malang adalah penyelenggara Car Free Day untuk mencapai kesesuaian antara wish image dan current image. Selain itu juga melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan dari Car Free Day.