Interaksi Redaktur dengan Wartawan Rubrik Komunikasi Bisnis dalam Newsroom Harian Malang Post
Main Author: | Julianto, ChristianJimmy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120976/1/Interaksi_Wartawan_dengan_Redaktur_Rubrik_Komunikasi_Bisnis_dalam_Newsroom_Harian_Malang_Post.pdf http://repository.ub.ac.id/120976/ |
Daftar Isi:
- Pers adalah lembaga atau organisasi yang mempunyai tujuan utama memberikan berita netral. Dalam memberikan berita tersebut ada proses komunikasi antar manusia yang mempengaruhinya. Proses interaksi menimbulkan dinamika komunikasi yang cair. Malang Post merupakan salah satu lembaga pers di kota Malang. Malang Post mempunyai berbagai macam rubrik salah satunya Komunikasi Bisnis. Rubrik ini di bawahi oleh seorang redaktur dan beberapa wartawan yang mempunyai dasar ilmu komunikasi bukan ekonomi. Fokus dari penelitian ini adalah proses informasi antara redaktur dengan wartawan berdasarkan konteks berita. Tujuan penelitian ini untuk memahami interaksi yang terjadi antara redaktur dengan wartawan dalam rubrik Komunikasi Bisnis Malang Post serta konsekuensi yang menyertai proses penentuan berita yang akan dimuat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis data etnografi komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua jenis interaksi antara redaktur dan wartawan Komunikasi Bisnis Malang Post mengenai proses pembuatan berita yaitu pada saat di luar kantor dan di newsroom. Interaksi mengenai proses pembuatan berita yang terjadi didominasi oleh komunikasi informal. Interaksi yang terjadi antara redaktur dan wartawan Komunikasi Bisnis Malang Post pun tidak terkait terhadap proses penentuan berita oleh redaktur.