Analisis Perbandingan Brand Positioning 7-Eleven Terhadap Circle K, Lawson, Indomaret Point dan Familymart Berdasarkan Persepsi Konsumen (Studi pada Konsumen Convenience Store di Jakarta Timur
Main Author: | Ahmadi, Ferdi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120963/1/SKRIPSI%2520FERDI%2520AHMADI.compressed.pdf http://repository.ub.ac.id/120963/ |
Daftar Isi:
- Convenience Store merupakan industri retail yang sedang berkembang. Convenience store kemudian hadir dan mendukung aktivitas masyarakat kota Jakarta dengan menyediakan produk-produk FMCG (fast-moving consumer goods) dengan lokasi yang nyaman, bersih dan aman selama 24 jam. Pelaku bisnis convenience store yang bersaing di indonesia adalah 7-Eleven, Circle K, Lawson, Indomaret Point dan Familymart. Berdasarkan kondisi persaingan tersebut, setiap bisnis convenience store perlu mengantisipasi persaingan adalah dengan melakukan brand positioning. 7- eleven merupakan objek utama dalam penelitian ini karena 7-eleven merupakan peringkat 1 pada Convenience Store News Top Top 100 Convenience Stores ranking pada 2013 dan 2014. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui brand positioning 7-Eleven dalam industri convenience store berdasarkan persepsi konsumen di banding Circle K, Lawson, Indomaret Point dan Familymart di Jakarta Timur . Penelitian ini berfokus pada bagaimana persepsi konsumen tentang brand positioining suatu perusahaan. Oleh karena itu, berkaitan dengan ilmu komunikasi, perusahaan dalam penelitian ini berada di pihak penerima pesan. Penelitian ini menggunakan teori atribusi sebagai penjelas bagaimana konsumen mempersepsi perilaku konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui koesioner. Peneliti menganalisis data menggunakan teknik analisis multidimensialscaling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa brand positioning 7-Eleven lebih unggul dari pesaingnya seperti Circle K, Lawson, Indomaret Point dan Familymart pada persepsi konsumen. Konsumen mempersepsi perilaku perusahaan berdasarkan sumber atribusi iternal dan sumber atribusi eksternal Saran yang dapat dipertimbangkan dalam penelitian ini penelitian, selanjutnya adalah untuk menghubungkan brand positioning dengan keputusan pembelian pada konsumen.Dan Penelitian selanjutnya dapat memperdalam analisis data penelitian ini dengan melanjutkan analisis pada tataran analisis multidimensial scaling pada teknik analisis diskriminan untuk memperdalam penelitian ini