Strategi Positioning Dan Diferensiasi Dalam Upaya Membangun Brand Legipait Coffeeshop
Main Author: | Ardiyanti, Fitrah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120907/1/BAB_I-V_%2B%2B.pdf http://repository.ub.ac.id/120907/2/COVER%2B%2B.pdf http://repository.ub.ac.id/120907/3/LAMPIRAN.pdf http://repository.ub.ac.id/120907/ |
Daftar Isi:
- Pertumbuhan coffeeshop makin marak di Indonesia, begitu juga di Kota Malang. Agar dapat memenangkan tempat di benak konsumen, maka masing-masing brand haruslah menjadi berbeda agar mudah dikenali oleh konsumen yang berada dalam samudera pilihan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menuntun konsumen keluar dari samudera pilihan adalah strategi positioning dan diferensiasi. Legipait adalah salah satu coffeeshop yang ada di Kota Malang yang didirikan 3 tahun lalu oleh seorang seniman internasional, Nova Ruth. Dalam konteks ilmu komunikasi, proses penciptaan strategi positioning dan diferensiasi untuk membangun brand, merupakan sebuah pesan dalam konteks ilmu komunikasi. Pesan ini diproduksi melalui sistem kognitif komunikator, yang dianalisis menggunakan model Goals-Plans-Action milik James Dillard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi positioning dan diferensiasi yang dilakukan Legipait dalam upayanya membangun brand. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari wawancara semistruktur dengan pemilik dan beberapa orang konsumen. Hasil penelitian mengungkapkan proses produksi pesan dalam sistem kognitif pemilik Legipait yang menghasilkan penerapan strategi positioning dan diferensiasi Legipait.