Pelaksanaan Strategi dan Taktik Komunikasi Penerbit Perguruan Tinggi (Studi Kasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Press dalam Menerbitkan Buku Karya Dosen Tahun 2011-2013)
Daftar Isi:
- 1024x768 Keberlangsungan suatu penerbit perguruan tinggi sangat tergantung pada ketersediaan naskah. Hal tersebut karena naskah merupakan bahan baku utama dalam proses penerbitan. Tanpa adanya naskah, akan sulit sekali bagi penerbit perguruan tinggi untuk menjalankan kegiatan penerbitan buku. Salah satu pihak yang dinilai sangat strategis dalam menghasilkan naskah di perguruan tinggi adalah dosen. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti tentang pelaksanaan strategi dan taktik komunikasi yang dilakukan UIN Maulana Malik Ibrahim Press (UIN-Maliki Press) agar dosen tertarik untuk menerbitkan buku di instansi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan strategi dan taktik komunikasi yang dilakukan UIN-Maliki Press dalam menerbitkan buku karya dosen pada tahun 2011-2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, melakukan wawancara dan menelaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2011, UIN-Maliki Press melakukan 3 (tiga) strategi, yaitu strategi informatif, gabungan strategi informatif & strategi persuasif, dan strategi persuasif. Pada tahun 2012, UIN-Maliki Press melakukan 3 (tiga) strategi, yaitu gabungan strategi informatif & strategi persuasif, strategi persuasif, dan gabungan strategi edukatif, strategi informatif & strategi persuasif. Pada tahun 2013, UIN-Maliki Press melakukan 2 (dua) strategi, yaitu gabungan strategi informatif & strategi persuasif dan strategi persuasif. Dalam kurun waktu 2011-2013, strategi yang paling banyak digunakan oleh UIN-Maliki Press adalah strategi persuasif. Normal 0 false false false