Pengaruh Media Humas “Prasetya Online” dan “Mimbar” Universitas Brawijaya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan Universitas Brawijaya

Main Author: Prihandini, ShintiaLeli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120885/1/SKRIPSI_Shintia_Leli_Prihandini_0911223121.pdf
http://repository.ub.ac.id/120885/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media internal humas Prasetya Online dan Mimbar terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan Universitas Brawijaya. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Universitas Brawijaya di masing-masing fakultas dengan menggunakan metode sampling kluster. Peneliti memperoleh responden sebanyak 92 orang karyawan yang pernah membaca Prasetya Online dan Mimbar. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media humas “Prasetya Online” dan media humas “Mimbar” berpengaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan Universitas Brawijaya. Hal ini berarti media humas baik “Prasetya Online” maupun “Mimbar” sama-sama memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan informasi karyawan Universitas Brawijaya. Perencanaan dan strategi pengolahan “Prasetya Online” yang baik mampu menjadi sebuah terobosan terbaru untuk menciptakan kedekatan dengan karyawan dan memenuhi kebutuhan informasinya. Selain itu, sebagian besar karyawan Universitas Brawijaya berpendapat “Mimbar” merupakan media yang bermutu, kontinu, terbit secara berkala dan teratur, dengan penampilan yang profesional baik kualitas maupun segi kuantitas berita, layout, isi halaman, susunan redaktur, gambar (photo essay) yang ditata dengan apik dan lebih menarik segi cover atau seninya (arts). Penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi instansi khususnya Universitas Brawijaya dalam pengoptimalisasian media humas “Prasetya Online” dan “Mimbar” dalam memenuhi kebutuhan informasi karyawan. Pengoptimalisasian ini nantinya diharapkan mampu mendukung kinerja individu dan Universitas Brawijaya untuk memberikan hasil yang terbaik kepada masyarakat luas